22 August 2009

seputar berat badan..


tadi pagi gwe nonton OPRAH.. tau donk? kek talkshow gtuh.. pembawa acaranya OPRAH WINFREY..
dann.. topiknya lagi tentang obesity pada kalangan remaja.. dan disana d undang sejumlah remaja yang over-weight..
bukan cuma skedar kelebihan berat badan,, tapi obesitas.. tau donk obesitas nya ala orang amerika? yah.. kata oprah.. acara itu dibuat bagi mereka yang overweight.. yang merasa mereka ngehadapin hidupnya sendiri..
dan harus struggle sendirian.. oprah bilang that you are not alone.. jadi dibikin deh tema ini.. supaya masyarakat amerika yang kelebihan berat badan bisa saling support..
dan yang gwe dapet dari tu talkshow adalah:
1. they know they're overweight! jadi gak perlu lagi dinasehatin supaya kurus dan diet.. mereka tau koq.. dan kalo sekeliling nya ngomongin mereka suru diet diet muluu.. it's really frustating for them..
gwe pribadi punya temen yang selalu bilang gini.. "tin.. kurusin donkkk.. kalo kurusss dikidddd ajah.. gwe rela deh ngantri jadi cowo looee.." ihh.. sorry aja man.. justru gwe nyari someone who can really accept me for who i am..
trus gwe punya temen yang bilang gini.." tin.. asli.. kuruss dikitttt ajaaa.. pasti loe lebih cakep dari si A. " dan FYI.. si A ituu bagaikan kembang sekolah gwe.. mantan model gtuh deh..
dannn segala macam suruhan diet buat gwee.. hellooouuw? gwe tau gimana cara nya diet koq.. gak perlu dikasi tau lagee.. cuma turunin berat badan buat gwe gak segampang yang loe pada omongin ajah.. =p
2. Sebagian besar remaja yang dateng di oprah show itu punya masalah pribadi yang dipendem.. entah itu karena ortunya divorce.. penolakan dari temen" nya.. di ejek.. dan sebagainya..
3. dan sayangnya.. mereka menjadikan makanan sebagai pelarian.. ada yang bilang gini.. "when i'm sad i'm gonna eat.. cause food will never disappoint me.." waw~ bagi dya.. cuma makanan yang gaq bakal ngecewain dya.. makanya gak heran tyap tahun dya makin berad..
4. beside eating.. yang mereka kira bisa membantu mereka ngatasin masalah dan kesedihan mereka adalah bunuh diri.. alias suicide.. pas oprah nanya "siapa di antara kalian yang pernah terpikir buat bunuh diri karena masalah berad badan?" dan ampir semua langsung angkat tangan..
malah ada remaja cewe yang bilang gini.. "it's better for me to killing myself than facing my friends who keep mocking at me" waw.. mendingan bunuh diri daripada terus diledekin ama temen"nya..
5. dan kata psikolognya.. sebenernya keinginan buat bunuh diri itu gak berarti mereka bner bner mu ended their life.. mereka cuma pengen keluar dari masalah mereka.. mengakhiri rasa sakit hati yang mereka pikir dengan cara bunuh diri lah masalah mereka selesai.
dan psikolognya tuh ajarin cara menyalurkan emosi dan kemarahan itu dengan cara teriak sambil bilang .."i'm angry because..."
dan para remaja itu nurut dan teriak .. ada yang teriak.. "i'm angry because i want to kill myself.." ada yg bilang,, "i'm angry because my friends call me hippo..", ada yg bilang.."i'm angry because my parents divorce.."
mereka teriak di depan orangtua mereka masing-masing..terharu banget deh lyatnya.. mpe nangis nangis gtuh.. hmm~
dan sebenernya.. bagi mereka yang obesitas itu.. rata" karena punya masalah dalam hidupnya dan lari ke makanan.. dan ada juga yang dari bayi udah potensi jadi over-weight..
trus akhir kata si oprah bilang "you are precious.. bla bla bla" gwe lupa lagi lanjutannya.. hehehe..=p
intinya.. yah.. segendud"nya kamuh.. you are still a human being.. you are so precious.. you are worthy.. no matter what people says about u.. trust me.. you are worthy..

ps: setelah nonton inihh gwe bersyukur gwe tinggal d Indonesia.. yang gak tekanan untuk kurus gak sebesar di luar sana.. di america misalnya.. super model dan mereka yang dianggap remaja normal adalah mereka yang kuruss dan tinggi..
trus gwe bersyukur walopun temen" gwe suka rese ngatain gwe gendud.. (trust me.. i'm not as BIG as you think..) gwe bersyukur pas masuk fitting room at least dari 3 baju yg gwe coba.. 1 masii muad lahh.. hehehe..
soalnya di acara itu ada remaja yang bilang kalo dya desperate banget.. tyap masuk fitting room, gak ada baju yang muat.. dan dya merasa jijik banget ama dirinya..
gwe juga bersyukur gwe masi bisa makan dengan normal tanpa rasa bersalah.. soalnya kebanyakan dari mereka merasa bersalah kalo makan.. makanya banyak yang kena anorexia dan bulimia. ituloh.. penyakit gara" selalu muntahin makanan yang dimakan..
gara" perasaan bersalah dan takut gendud.. hahahaha.. gwe nge post ini seakan gwe juga over weight yaa?? gak koq.. i'm still normal.. walopun tidak se skinny temand temandkuuu.. hehee..

oh yaa~ dan buat kalian yang suka nge bully temen" karena dya gak sempurna di mata kamu.. stop okeh? it's really annoying..
love,

5 comments:

Melka Liz said...

Love this post...
^ 0 ^
Bagus tin..hehehehe...

Vie said...

iyaaa... temen gw juga ngomongin acara oprah ini.. :)

christine natalia said...

@melkaaa: thankk youu.. hehehe..
@vie: iyah.. bagus si acaranya.. sedih gtuh lagii.. =(

Jessica said...

tteen gaq over weight lah..
..kembang sekola...sekali sebut langsung ketauan.... post yg baguz...bikin buat org kurus donk teen yg hmpir tiap hari dikatain rat*

christine natalia said...

hahaha..
gwe gak ngerti perasaannya orang kurus je,,
hahaha..
coba tany pascal ajah..
ato verico..
hihihihiii..