She will have no fear of bad news; her heart is steadfast, trusting in the Lord. (Psalm 112:7)

i'm healed..

Hari senen kemaren.. tanggal 21 sept.. gwe ru aja ikut HMC.. for those who doesn’t know.. HMC itu healing movement camp.. dibuat khusus untuk pemulihan.. pernah denger kalimat, “keterbukaan adalah awal dari pemulihan”? yah, ini yang jadi slogan HMC, semacam retreat khusus untuk pengampunan, pelepasan dari segala roh jahat, dan pemulihan, jadi semacam untuk hidup baru lah, nah, gwe ikut yang youthnya alias untuk anak muda, sebenernya sih.. ajakan untuk ikut HMC youth udah dikumandangkan dari bulan bulan lalu.. tapi, entah kenapa pas seminggu sebelum HMC ini, pas lagi kebaktian, ada pengumuman ttg HMC youth (lagi), gwe berasa kesentil ama Tuhan, “ayo tin.. ikut..”

Pas gwe bilang ke bokap, dya langsung setuju, so.. jadilah saya ikut HMC, sebenernya gwe paling males ikut retreat tanpa teman, abis gwe daftar gwe lsg sms temen” gwe, ngajak retreat, tp gk ada yg bisa.. yawda da, gwe pasrah dateng sendiri, gwe pikir, wah.. apa jadinya gwe 3 hari 2 malem tanpa satu orang pun yang gwe kenal, dan harus kenalan dari awal, tapi.. pas ikut pra camp hari Sabtu di senci.. waw,, kakak kakak pembina nya.. alias fasilitator baee’ banget.. dan bukan suatu kebetulan (cieile) gwe dapet fasilitator yang waw.. ramah bangett.. bae, dan dewasa rohani bangettt.. ini yang penting..

Dan berangkatlah gwe ke puncak yang serasaaa nun jauh disana karena macetnya gak nahan.. di bus gwe duduk di sebelah satu cewe.. dari bus kita kenalan, dan anaknya asikkk banget.. dan gwe makin gak nyesel ikut camp itu.. pendahuluan gwe banyak banget, lgsung aja ke intinya.. di camp ini, apa yang gwe dapet??

Banyakk banget.. gwe ditegur banyak hal, dan salah satunya yang paling ngena adalah ttg orangtua, buat kalian yang pernah baca POST ini, pasti tau kan, disana, gwe ngoceh” ttg kenapa sih orangtua rese bangett.. pengen anaknya ini itu tapi mereka sendiri still doing the wrong gitu.. pengen anaknya gak ngerokok, tapi mereka sendiri ngerokok, disana gwe disentil Tuhan, karena kata pendetanya, orangtua adalah wakil Allah di bumi, kita harus tetap tunduk sama orangtua, tentu aja dalam hal positif.. jujur ajah, gwe termasuk anak yang sering ngelawan ortu, taat sama orangtua mungkin aja susah, apalagi kalo orangtua nya otoriter.. betul?

Tapi kita tetep harus taat ama mereka, kenapa? Because The Bible said so.. efesus 6:1-3 bilang begitu, kita harus taat sama Tuhan, agar kita bahagia dan panjang umur
, jadi.. kalo kita taat sama ortu, kita sendiri yang untung, betul? Pendeta gwe itu kasih contoh tentang Daud, Raja Daud, waktu dia kecil, dia bukanlah seorang anak kesayangan bokapnya.. inget waktu nabi Samuel mau urapin anak anak bokapnya dimana seharusnya dia juga diurapin, tapi dia malah ada di padang, gembalain kambing domba bokapnya, artinya Daud gak dianggep sama bokapnya.. tapi apa Daud berontak? Noo.. dia tetep taat sama orangtuanya.. dia pernah curhat di kitabnya, di
mazmur 27:10, “when my father an my mother

forsake me, then the Lord will take care of me”..
Daud tau dia bukanlah anak kesayangan orangtuanya, tapi dia jauh lebih yakin dan percaya kalo Tuhan gak akan ninggalin dya.. pengen tau kisahnya lebih jauh, buka deh kitab Samuel, apa yang Daud dapetin dari ketaatannya ke ortunya? Daud diangkat jadi raja.. roh Tuhan tinggal di dalamnya.. dan sampe sekarang, dia dihormati di Israel.. kalo liat benderanya, ada tulisan star of david disana.. jadi, apapun yang terjadi, seburuk apapun orangtua kalian, ampuni mereka, dan obey them.. di HMC itu, banyak yang kasi kesaksian.. (gwe juga).. banyak dari mereka share tentang sikap bokapnya yang sering ngebuat mereka sakit hati, kecewa, dan laen sebagainya, ampe ada satu anak yang pengen ngebunuh bokapnya karena bokapnya itu suka nyiksa dya.. tapi setelah 3 hari 2 malem itu dilaluin, dya katanya mau melepaskan pengampunan ke bokapnya, dan ngomong ngomong tentang kata pengampunan, pendetanya kasi statement yang ngena banget di gwe..

mengampuni itu suatu keputusan, bukan perasaan, kalo pake perasaan, namanya kita disakiti, ampe mati juga rasanya amit amit deh ampunin dya, tapi ini masalah keputusan, mau ato enggak ampunin dya,


kalo di mulut udah bilang “gwe da ampunin dya” tapi kalo inget tu orang yang nyakitin kita, kita masiii emosi, namanya tuh gak ngampunin dari hati.. baca deh markus 11: 25.. disana tertulis, kita harus ngampunin orang yang bersalah ama kita, supaya Tuhan juga ngampunin kita.. kalo gak, Tuhan juga gak mau ampunin kesalahan kita yang buanyaakk ituh.. see?

Jadi Tuhan kasii kita aturan aturan bukan untuk kepentingan Dya, melainkan untuk kebaikan kita, Tuhan suruh kita taat, supaya kita hidup bahagia dan panjang umur, Tuhan suruh kita ampunin orang, supaya kita pun di ampunin sama Tuhan..

dan waw.. gwe bersyukur banget gwe ikut HMC.. much things i learned from it.. kalo ada HMC tahun depan, gwe publish disini deh, supaya yang mau ikut.. just contact me.. okay..?? be blessed.. GBU..

4 comments:

Venny said...

wuih..seren nih postingannya. GBU

teeteen said...

seren itu apa say? hahaha.. keren maksudnya? thankiesss.. :)

Dominique said...

hahahaha. bagus teen. Nangis gaq di hmc?

teeteen said...

bagusss bangettt jeee..
pulang pulang uda mata panda gituh.. 3 hariiii berlinang air mata.. tp dasyat bgt.. nyesel kau tak mauuuu..

Christine Natalia. Powered by Blogger.

Follow by Email

About me

My photo
I write because He is exist. I write because His Grace manifested in my life. I write so one day when I lack of Hope and Faith I can reread all His goodness and mercy that ever happened in my life and my Faith will rise up, in Christ alone.