16 September 2011

human's acceptance

beberapa hari yang lalu gwe dibuat lumayan kesel dengan pertanyaan, *entah itu pertanyaan atau pernyataan* "EMANK BISA???" saat gwe disuruh sama seseorang untuk bantuin dia buat sesuatu. *nama dan kegiatan disamarkan agar gak terjadi kesalahpahaman ataupun ke-gakenak-an*

BEEEH.. pas pertanyaan "EMANK BISA?" itu meluncur, rasanya pengen bilang, "EH, LIAT NIH!" trus nyeleseinnya dengan perfecto sampe mulut dia nganga 10 cm dan mengakui kalo gwe bisa lakuin hal 'simpel' itu..

trus setelah kejadian itu, di hari yang sama, jam yang sama, gwe berada di satu kelompok dimana gwe jadi salah satu anggotanya, daaan.... mereka lagi nyari pengganti buat seseorang yang gak hadir saat itu, men.. gwe salah satu anggotanya loh, gwe disana, dan....... gwe bahkan gak dilirik.

mmm.. cukup menohok hati.... sampai gwe inget satu hal.. men, lo mau diliat manusia apa diliat sama Tuhan? lo mau dianggep manusia apa sama Tuhan? lo mau dipuji manusia apa sama Tuhan?

as a human being, pasti pengen keduanya. tapi, the most important thing pasti dilihat, dianggap, dan diterima sama Tuhan, apalagi kalau udah dipuji sama Tuhan, berjuta rasanya......

dan sampai kepada gwe duduk sendiri dan mikir "eh iya ya, kalau nunggu manusia yang muji, nunggu manusia yang terima kita, nunggu manusia yang bilang "WIH, LOE KEREN BANGET", atau nunggu manusia lain yang tepok pundak kita dan bilang "HEY DUDE, YOU DID A GREAT JOB", itu sama aja kayak nunggu semut bisa terbang, maksudnya, itu impossible. sekeren apapun hal yang kita buat, seWAH apapun itu, tetep aja kita gak bisa bikin semua manusia itu seneng. we can't please everyone. contohnya aja dah, SBY waktu jadi presiden.. pasti banyak pujian, tepuk tangan dan sorak-sorai buat beliau, tapi tetep aja tuh ada cibiran, hinaan, gosip tentang dia.. SBY loh.. apalagi kita.

kalau kita lakuin sesuatu buat diterima sama Tuhan, dipuji sama Tuhan, maka kita bakalan lakuin segala sesuatunya dengan hati yang tulus dan dengan maksimal, sekecil apapun itu, seremeh apapun itu. Misalnya di pelayanan, jadi usher, atau kolekte yang mungkin cuma dilirik sekali sama jemaat yang dateng, tapi tetep lakuinnya dengan kesungguhan hati karena kita tau Tuhan liat itu, liat, dan bukan cuma dilirik sekali.


yah lagi-lagi sih saran gwe, stop expecting human's acceptance, penerimaan dari sesama, pujian, dan sorak-sorai dari sesama manusia, jangan deh dijadiin prioritas utama. yuks mari belajar dari yusuf, yang meskipun dicibir dan ditolak sama saudaranya, he kept his integrity buat tetep cinta ama keluarganya dan did his best, coba aja kalau dia malah sakit hati, ga mungkin dia mau anterin makanan buat kakak-kakaknya yang lagi perang. tapi dia tetep loh, lakuin dengan sukacita.

sekedar mengingatkan diri sendiri,

0 comments: