She will have no fear of bad news; her heart is steadfast, trusting in the Lord. (Psalm 112:7)

Maria, Marta (dan Lazarus)

Beberapa minggu yang lalu, gwe memutuskan untuk pelayanan di bidang acara, yang tugas setiap sabtunya itu memastikan bahwa Youth berjalan dengan lancar, dan sesuai rundown, yang artinya gwe harus standby sepanjang kebaktian, pastiin multimedia lancar, pastiin tim ppw gak kelebihan waktu, pastiin welcome lounge siap sedia, dan lighting juga oke. overall intinya time keeper. Which means kalau lagi bertugas, gwe gak bisa sepanjang acara dari awal sampai akhir duduk diam di kursi jemaat like i used to do.

hm, jujur aja, sempet kepikiran sih..... kadang pengen duduk diam kayak maria daripada sibuk kiri kanan kayak marta. Ya gak? sebagai orang kristen, pasti kita dari dulu tau banget kisah di Alkitab waktu Tuhan Yesus dateng ke rumah maria dan marta, di Alkitab dibilang kalau marta sibuk melayani Tuhan, siapin keperluan ini dan itu, tapi maria duduk diam di kaki Tuhan, dan dari dulu kita taunya yang berkenan di mata Tuhan yah itu, maria.

well jujur aja sempet jadi bahan pikiran beberapa saat, sampai minggu lalu, gwe ngerasain, di belakang pun bisa koq dapetin hadiratNya Tuhan, di belakang pun bisa koq muji nyembah Tuhan, waw... double portion donk jadinya? melayani sekaligus bisa menyembah Tuhan dengan leluasa. :)) dan, DANG. menurut gwe masalah pun kelar..... yasuda gak dipikir-pikirin lagi.

Sampai.... hari ini ibadah di GBI JCC. dan.... JENGJENG. Pendetanya, Riza Solihin ngebahas satu tema yang seumur-umur belom pernah gwe denger sebelumnya. Dia ngebahas satu wilayah yang namanya Betania. Betania ini ternyata jadi tempat kesukaannya Tuhan Yesus loh. Ternyata kalau diperhatiin, kalau abis ngapa-ngapain, Tuhan Yesus malamnya pasti bermalam di Betania, bahkan DIA juga dibaptis dan terangkat ke Surga di Betania. (Matius 21:17 ; Markus 11:11 ; Lukas 24:50 ; Yohanes 1:28 ; Yohanes 12:1, dll)

Kenapa Tuhan Yesus sebegitu sukanya sama Betania?
menurut pdt Riza Solihin, waktu dia ke betania, itu tempat gak ada bagus-bagusnya, itu tempatnya kumuh, gersang, dan gak ada indah"nya, tapi kenapa Tuhan Yesus suka melakukan sesuatu dan menetap disana?

Mungkin alasannya ada beberapa, tapi di kotbah ini dibahas satu hal, di Yohanes 11:5.
Yesus mengasihi Marta, Maria, dan Lazarus.
Mereka bertiga alasan Tuhan Yesus suka berkunjung ke Betania.

Nyok kupas mereka bertiga lebih dalam..............

Marta. Sosok yang suka dianggap 'sok sibuk', atau mungkin bahasa sekarang itu, pelayanan melulu. Pelayanan, pelayanan, dan pelayanan, sosok yang suka dibandingin sama maria yang terkenal dengan kealimannya duduk diam dekat Allah dan mendengarkan firmanNya. Nah, Pak Riza ngebuka satu ayat dalam bahasa inggris versi NKJV, yuk coba buka luke 10:39. 'and she had a sister called Mary, who also sat on Jesus' feet and heard His word'. coba dilingk

ari kata who also, yang artinya JUGA. nah........... berarti sebelumnya Marta memang duduk di kaki Yesus dan juga mendengarkan firmanNya, bukan cuma maria. :))

Marta itu adalah pribadi yang terpanggil dengan satu tujuan, yaitu melayani. Di Yohanes 12:1-2 dibilang kalau Marta melayani Dia di suatu perjamuan. Marta adalah sosok yang memuaskan kemanusiawiannya Tuhan. Tuhan itu sedang mencari pribadi Marta di hari-hari terakhir ini, pribadi yang melayani Tuhan lewat sesama, pribadi yang peduli sama sesama, pribadi yang gak cuma bagus di perkataan, tapi di tingkah laku.


Tapi, salahnya marta adalah, di lukas 10:40, marta minta Yesus untuk suruh maria bantuin dia.
nah....... pak riza ngebahas ini lebih dalam, yaitu ternyata marta memaksakan maria untuk mempunyai panggilan destiny yang sama dengan dia, yaitu melayani. Padahal maria itu terpanggil untuk yang lain, bukan pelayanan.

Sosok yang satu lagi, maria. Maria itu pribadi yang memuaskan keilahian Yesus. Maria lebih digambarkan sebagai pribadi yang suka duduk diam di kaki Tuhan, dengerin firmanNya, meminyaki kaki Yesus dengan minyak yang mahal, dan menyekanya dengan rambutnya. Maria digambarkan sebagai pribadi yang suka menyembah Tuhan. Nah, Tuhan juga seneng sama pribadi yang kayak gini, mereka yang punya waktu saat teduh yang teratur, punya waktu intensif sama Tuhan, dan sejenisnya.



nb: dibahas juga tentang bahasa roh. Bahasa roh itu adalah bahasa kerajaan Surga. Tau gak? kalau sebahasa, masalah rumit bisa jadi masalah sepele. Misalnya kalau kamu orang sunda, ketemu sama pedagang sunda, pasti harganya dimurahin donk? karena ada rasa satu bangsa dan satu ras. Sama kayak bahasa roh, kalau kamu berbahasa roh, masalah sulit yang kamu alami akan terasa ringan karena satu bahasa dengan Yang empunya Surga.

Nah, yang ketiga sosok Lazarus. Lazarus itu disebut sebagai pribadi yang memuaskan kuasa Yesus. Melalui Lazarus, Tuhan Yesus menyatakan mukjizatNya membangkitkan orang mati.

Karena 3 pribadi inilah Tuhan Yesus terus berkunjung dan kembali ke Betania.
Dalam kerajaan Sorga, gak ada yang namanya persaingan, gak ada yang mana lebih berkenan di mata Tuhan, apakah yang sering pelayanan terus, atau yang sering berdoa terus. Yang ada di Sorga itu kolaborasi. Kolaborasi antara ketiga pribadi ini, pribadi Marta yang melayani, pribadi Maria yang menyembah, dan pribadi Lazarus, dimana kuasa Tuhan nyata lewat hidupnya. Maria itu mewakilkan house of intimacy, Martha itu mewakilkan house of compassion, dan Lazarus itu mewakilkan house of miracle.

Jadi jangan kecil hati, kalau kamu punya pelayanan segambreng, bahkan waktu tidur pun kurang, dan kamu liat orang lain yang punya panggilan hidup yang lain yang kayaknya nyante banget gitu, misalnya yang cuma tampil di hari H, atau cuma apalah itu, jangan iri. Kalian punya panggilan yang berbeda, God loves you both. :))

ps: jadi yang selama ini menganggap maria lebih dikasihi Tuhan daripada marta, anda kurang benar sayang~ :D God loves them both.
hihihi, hebat banget ya gimana Tuhan membahas dan menjawab apa yang lagi jadi pikiran anak-anakNya.x))

4 comments:

Lasma Frida said...

Like this banget. Jadi dibukaiiinnn lebaaaaaaaaaaaaaaarrr..Thanx ya, udah sharing.. :">

christine natalia said...

iyaaa kak.. sebelumnya kan kayak gak tau gitu.. seneng banget kotbahnya ngupas hal baru.... :D sama-sama :D

Anita Bong said...

Cool! Nice post :)

Aku juga kebagian pelayanan acara :D hehehe~ klo ditempatku nama e service manager pake baju item2 wakakak~ kalo udah tugas kudu konsen, pernah saya ditegur karena keasikan nyembah Tuhan =.=

I wish I could be more like maria hehehe~ yg penting seimbang aja, klo kebanyakan marta nti kita terbawa rutinitas D: heheheh~ semangat ya :D Gbu

christine natalia said...

hahaha sampe ditegor? untungnya aku engga :p iya bener kak.. harus seimbang :D hihi, thanks for comment :D GBU..

Christine Natalia. Powered by Blogger.

Follow by Email

About me

My photo
I write because He is exist. I write because His Grace manifested in my life. I write so one day when I lack of Hope and Faith I can reread all His goodness and mercy that ever happened in my life and my Faith will rise up, in Christ alone.