She will have no fear of bad news; her heart is steadfast, trusting in the Lord. (Psalm 112:7)

orang bodoh.

JLEB! Untuk ke sekiaaaaaaaaaaaaan kalinya Tuhan membuktikan kalau Dia ada dan selalu watching over me, dan hari ini salah satu dari sekiaaaaaaaaaaaaaaaaaaaan banyak itu.

Gwe biasa ibadah di Senayan City, tapi untuk hari ini, karena emak bapak gwe gak di jakarta, gwe males bawa mobil jauh-jauh ke senayan, alhasil gwe memutuskan untuk ibadah di karawaci aja, toh Tuhannya sama :D mm, biasa kalau ibadah di karawaci, gwe ke JKI, tapi untuk hari ini entah kenapa pengen banget nyobain GLOW. Alhasil gwe dateng, dan ikutin ibadahnya. Sampai ke waktunya kotbah, pak Gilbert nyebutin judul kotbah yang bakal dia sharing-in hari ini. Mmm, gwe lupa apa persis kalimat judulnya itu, intinya tentang kemajuan. Tuhan merencanakan kemajuan bagi anak-anakNya, bukan yang 'gitu-gitu aja'.

Pas denger tentang judulnya, gwe agak... 'yaah.. koq gak tentang hati-hatian..' well, bisa dilihat kondisi hati gwe beberapa hari ini melalui post sebelum ini. Which means, hati gwe lumayan lagi, mmmm..... butuh reparasi sedikit :)) Jadi gwe lagi pengen banget denger kotbah yang menyinggung-nyinggung masalah hati. tapi, still, gwe dengerin si Pdt Gilbert ini ngomongin apa aja.

eh, lucunya. Ternyata, dia ngomongin soal kebodohan. Hubungannya sama kemajuan? Menurut beliau, kebodohan adalah salah satu gunung yang harus dihancurkan supaya kita bisa mengalami kemajuan di dalam Tuhan. Lalu dia nyebutin siapa aja yang disebut orang bodoh..

mereka itu ialah..
1. Sesungguhnya, orang bodoh dibunuh oleh sakit hati, dan orang bebal dimatikan oleh iri hati. -Ayub 5:2. Orang bodoh adalah orang yang membiarkan dirinya dikuasai iri hati, sakit hati, dan kedendaman.
Nah lo, disini gwe udah mulai.............*opps! Udah mulai menyimak dengan seksama, karena gak bisa dipungkiri, beberapa hari ini gwe....... ya begitu, hatinya sedang butuh waktu untuk disembuhkan :|


2. Tetapi setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan tidak melakukannya, ia sama dengan orang yang bodoh, yang mendirikan rumahnya di atas pasir. -Matius 7:26. Orang bodoh adalah orang yang mendengar Firman Tuhan, tapi gak ngelakuinnya.

3. Bodohlah yang menyatakan sakit hatinya seketika itu juga, tetapi bijak, yang mengabaikan cemooh. -Amsal 12:16. Disini, gwe............... JLEBJLEBJLEB. Iya, nusuk. Karena kemaren gwe baru membeberkan apa yang gwe rasain ke orang yang bersangkutan. Hm, mungkin memang benar silent is better. Eh tapi kalau kita diem mulu, orangnya keasikan semena-mena donk? :|

4. Tetapi firman Allah kepadanya: Hai engkau orang bodoh, pada malam ini juga jiwamu akan diambil dari padamu, dan apa yang telah kausediakan, untuk siapakah itu nanti? Demikianlah jadinya dengan orang yang mengumpulkan harta bagi dirinya sendiri, jikalau ia tidak kaya di hadapan Allah. -Lukas 12:20-21. Orang yang bodoh adalah orang yang menganggap harta duniawi adalah segala-galanya.

5. Lalu Ia berkata kepada mereka: "Hai kamu orang bodoh, betapa lambannya hatimu, sehingga kamu tidak percaya segala sesuatu, yang telah dikatakan para nabi! -Lukas 24:25. Orang yang bodoh adalah mereka yang tidak mau hidup dengan iman.

dan gwe yakin banget sebenarnya di Alkitab buanyaaaaaaaaak banget yang ngupas tentang kebodohan. Di amsal sendiri aja udah berapaaa banyak ayat tentang kebodohan. Tapi koq bisa pas banget yang kebanyakan dikupas hari ini tentang kebodohan karena sakit hati, dan diam. Trus di satu momen, pak Gilbert bilang, 'Biarin aja orang mau ngomong apa tentang kita, mau memperlakukan kita kayak apa.. terserah. Kalau kita kebanyakan denger suara manusia, kita bakalan sakit hati dan kecewa, dengerin suara Tuhan, maka kita beroleh sukacita.'.

dan.. waw. Tuhan Yesus baik banget ya. He knows i'm hurt, dan Dia ingetin buat let it go, jangan nyimpen sakit hati, jangan berlarut dalam kesedihan, dan jaga hati, karena dari situlah terpancar kehidupan.


Dan sekarang ngerti banget artinya dari 'dari dalam hati terpancar kehidupan'..... karena ternyata kalau suasana hati lagi kacau, gampang banget skip, gampang banget jadi lupa, gampang banget jadi bawaannya emosian, gampang banget bawaannya jadi cuma mau nangis sama marah-marah. so, ayuk, barengan sama gwe, belajar lagi dari awal untuk biarlah apa yang terjadi, terjadilah................. but still, jaga hati :))))

0 comments:

Christine Natalia. Powered by Blogger.

Follow by Email

About me

My photo
I write because He is exist. I write because His Grace manifested in my life. I write so one day when I lack of Hope and Faith I can reread all His goodness and mercy that ever happened in my life and my Faith will rise up, in Christ alone.