She will have no fear of bad news; her heart is steadfast, trusting in the Lord. (Psalm 112:7)

Kunci Doa yang Penuh Kuasa

As i mentioned before, gwe lagi baca buku Joyce Meyer yang judulnya The Power of Simple Prayer. Dan sekarang lagi masuk ke chapter Kunci Doa yang Penuh Kuasa, dan banyak hal-hal yang gwe pelajarin dari chapter ini, and let i write here.... *suguhin coklat hangat*

"Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya" Yakobus 5:16

Jika kita mau memanjatkan doa yang efektif dan besar kuasanya, maka kita perlu mengetahui apa yang Tuhan katakan tentang doa tersebut, karena semua doa kita belum tentu berhasil. Doa yang penuh kuasa tidak dihasilkan dengan mengikuti rumus dan prinsip tertentu, tapi didasarkan pada Firman Tuhan.

And here are the rules and regulation for us to do ketika kita mau doa kita itu penuh kuasa:

1. Taati Tuhan. 
".... dan apa saja yang kita minta, kita memperolehnya dari padaNya karena kita menuruti segala perintahNya dan berbuat apa yang berkenan kepadaNya." Yohanes 3:22
"Dengarkanlah baik-baik segala yang kuperintahkan kepadamu supaya baik keadaanmu dan keadaan anak-anakmu yang kemudian untuk selama-lamanya, apabila engkau melakukan apa yang baik dan benar di mata Tuhan, Allahmu" Ulangan 12:28
Ketaatan menyatakan kasih kita kepada Tuhan dan merupakan syarat penting untuk doa yang efektif.

2. Tetaplah benar.
".... tetapi doa orang benar didengarNya" Amsal 15:29
Versi AMP nya ditulis, "Tuhan mendengar doa orang yang (tetap) benar (jujur, dalam posisi benar di hadapan Dia)"
Apa artinya 'tetap benar'? It means, tetap benar adalah menolak untuk berkompromi. Orang yang berkompromi adalah orang yang mengetahui ketika sesuatu tidak benar tetapi tetap saja melakukannya dan berharap lolos. Apa yang orang benar lakukan? Orang yang tetap benar berusaha melakukan apa yang benar sepanjang waktu. 

3. Teruslah berdoa.
"Doa yang sungguh-sungguh (sepenuh hati, terus-menerus) dari orang yang benar sangat besar kuasanya" Yakobus 5:16 (AMP)
Doa yang sangat besar kuasanya adalah doa yang sepenuh hati dan terus-menerus. Berdoalah dengan tekun di bawah arahan Roh Kudus dan jangan menyerah hingga jawaban tiba.

4. Berhubungan secara benar dengan otoritas.
"Siapa memalingkan telinganya untuk tidak mendengatkan hukum, juga doanya adalah kekejian" Amsal 28:9
Berhubunganlah dengan otoritas secara benar. Hati yang dapat tunduk kepada otoritas jasmani dan otoritas rohani juga dapat tunduk kepada Tuhan. Otoritas Tuhan dirancang demi kesejahteraan kita dan ini mendatangkan sukacita. 
"Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab. Dengan jalan itu mereka akan mealkukannya dengan gembira, bukan dengan keluh kesah, sebab hal itu tidak akan membawa keuntungan bagimu" Ibrani 13:7

5. Fokus pada orang lain.
Egois akan menghalangi doa-doa Anda, tetap berfokus pada orang lain adalah kunci doa yang berhasil.

6. Baiklah kepada orang.
"Siapa menutup telinganya bagi jeritan orang lemah, tidak akan menerima jawaban kalau ia sendiri berseru-seru" Amsal 21:13
Penting sekali bagi Tuhan bahwa kita memperlakukan orang dengan baik. Jika Anda pernah diperlakukan dengan buruk, maka Anda tahu betapa sakitnya. So, don't do that to others. Yesaya 58:6-9 mengajarkan kita untuk berbuat baik kepada orang lain.

7. MENGAMPUNI!
"Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di Surga mengampuni kesalahan-kesalahanmu" Markus 11:25. 
Ketika kita disakiti, kita merasa bahwa membuka hati kita terhadap orang lain yang menyakiti kita mustahil dilakukan. Kita mau menutup mereka di luar hidup kita dan menjauhi mereka jika memang mungkin. Ini adalah reaksi yang wajar. Tetapi bukan cara Tuhan. Tuhan mengampuni kita setiap hari dan Ia berharap kita juga mengampuni orang lain. Jangan hanya berusaha mengampuni, tapi bergantunglah pada Tuhan untuk memberi Anda kasih karunia yang memampukan Anda mengerjakan hal-hal yang sukar di dalam hidup. 
"Di luar Aku, kamu tidak dapat berbuat apa-apa" Yohanes 15:5

8. Penuh harap.
Pengharapan membawa kuasa pengharapan, kuasa iman. Pengharapan adalah sifat iman, dan tau kan apa yang bisa dilakukan hanya dengan iman sebesar biji sesawi?

So, kalau mau doanya penuh kuasa, doa untuk skripsi, doa untuk pasangan hidup (EHH), yuk sama-sama belajar punya karakter dan sifat-sifat yang udah ditulis diatas :D

0 comments:

Christine Natalia. Powered by Blogger.

Follow by Email

About me

My photo
I write because He is exist. I write because His Grace manifested in my life. I write so one day when I lack of Hope and Faith I can reread all His goodness and mercy that ever happened in my life and my Faith will rise up, in Christ alone.